IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMINGPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS III MI RIFA’IYAH BOJONG PEKALONGAN
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sekolah yang baru awal berdiri namun sudah menggunakan
metode pembelajaran yang baik dan efektif. Metode pembelajaran yang baik dapat mempengaruhi
proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi
metode brainstorming dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas III MI Rifa’iyah Bojong
Pekalongan. Metode brainstorming digunakan untuk mendorong siswa dalam menghasilkan ideide
secara bebas dan kreatif dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini melibatkan
satu kelas dengan siswa-siswi yang berusia 8-9 tahun. Langkah-langkah implementasi metode
brainstorming meliputi penjelasan konsep brainstorming, pemberian contoh ide sebagai pemicu,
pembentukan kelompok diskusi, presentasi ide, evaluasi dan seleksi ide, serta implementasi ide
dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode brainstorming
efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Rifa’iyah Bojong.
Melalui metode ini, siswa-siswi menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menghasilkan ideide
kreatif dan meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi, Brainstorming, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, inklusif, kolaborasi.