PEMANFAATAN GRUP FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ILMU NAHWU
Abstrak
Abstrak
Penelitian berangkat dari permasalahan berbagai platform pembelajaran yang berkembang menggunakan media sosial, terutama pembelajaran ilmu nahwu. Pola pembelajaran ilmu nahwu menjadi objek penelitian ini dikarenakan dalam sistem pembelajaran bahasa Arab, ilmu nahwu merupakan komponen mendasar mempelajari bahasa Arab. Hal yang diangkat dari penelitian ini pertama, menemukan pola pembelajaran ilmu nahwu di media sosial Facebook, kedua, menemukan potensi peningkatan kemandirian belajar ilmu nahwu bagi pengguna sosial media Facebook. Melalui metode kualitatif deskriptif penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran ilmu nahwu pada grup belajar ilmu nahwu Facebook tersebut menggunakan pola pembelajaran bermedia, yaitu pola pembelajaran yang memiliki tujuan, penetapan isi, metode, media, dan siswa. Meskipun pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga menghasilkan pembelajaran yang dapat dikatakan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Pola pembelajaran ini memberikan dampak pada pembelajar ilmu nahwu tingkat pemula dari berbagai jenjang pendidikan formal maupun non-formal. Konsistensi admin selaku penyaji materi dituntut dalam hal ini.
Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab; Ilmu Nahwu; Facebook.