STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DENGAN TINJAUAN PEMBELAJARAN ABAD 21
Abstrak
Abstrak
Pembelajaran mahārah qirā'ah di pondok pesantren tradisional kebanyakan terpaku dengan metode klasikal seperti sorogan dan bandongan yang merujuk pada kitab klasik. Pondok pesantren meskipun berbasis tradisional harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran mahārah qirā'ah di pondok pesantren tradisional dengan tinjauan pembelajaran abad 21. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran mahārah qirā'ah di pondok pesantren tradisional memiliki kesesuaian dengan pembelajaran abad ke-21 dalam beberapa aspek, antara lainnya dalam aspek berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas, inovasi, kolaborasi, komunikasi, pemanfaatan teknologi, dan student centered.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, pesantren tradisional, pembelajaran abad 21