PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING UNTUK OPTIMALISASI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Lulu Nurhamida, Ilham Cahyadi Penulis

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran blended learning untuk mengoptimalkan komunikasi pembelajaran di Sekolah Dasar Islam di wilayah Wonosari Gunungkidul. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara dengan pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning meningkatkan fleksibilitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, namun juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kebutuhan adaptasi teknologi. Penggunaan berbagai platform digital seperti Zoom, Google Classroom, dan Kahoot memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan digital dan strategi pembelajaran kreatif dalam konteks pendidikan dasar di era digital.
Kata Kunci: Blended learning, komunikasi pembelajaran, Sekolah Dasar, teknologi pendidikan, pembelajaran interakti

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-22